Tips Menghadapi Psikotes PT Pos Indonesia

Ane salah satu peserta tes yang berhasil masuk tes perusahaan BUMN (PT Pos Indonesia), (padahal gak pinter2 amat tapi bisa masuk,soalnya keliatan waktu wisuda duduknya di belakang,wakakaka), disini ane cuma mau berbagi tips mengenai cara ane menghadapi tes yang diberikan, dengan harapan agar peserta tes yang lain atau adek-adek kelas yang ingin mencoba masuk ke PT Pos Indonesia dapat memiliki persiapan yang matang, agar bisa lolos dalam psikotes tersebut tapi sebelumnya ane jelaskan tipe jenis psikotes yang diujiankan pada waktu ane dulu,(gak tau kalau sekarang seperti apa), tapi yang namanya psikotes dimana-mana sama, ni yang ane dapat waktu dulu:

  1. Psikotes (Bolak-balik dadu, Bolak-balik bangun ruang, keseragaman dan perbedaan gambar-gambar aneh).
  2. Tes Kestabilan kinerja (lupa gua bahasa kerennya, katanya sih tes koran karena kertasnya segede koran).
  3. Tapi sebelum tes lo akan dihadapi dengan surat pernyataan yang menyatakan siap ditempatkan diseluruh indonesia, tu beneran lo, gua aja ke ujung sumatera, hahaha
  4. (free memori)

Berikut tips yang bisa ane kasih kenapa bisa masuk :

• Tips Sebelum Hari Ujiannya
  1. Ringankan pikiran, jangan ada beban (kalau ane, menghilangkannya dengan maen game sama anak-anak kosan).
  2. Yakin kan diri anda sudah menguasai teknik barisan deret aritmatika(pelajaran waktu smp juga sudah ada), karena itu merupakan soal yang selalu dipertanyakan pada seluruh psikotes. (mudah sih, soalnya matematika gua dulu enam, jadi gampang jawabnya tinggal isi soalnya pilihan berganda, hahaha).
  3. Biasakan bangun subuh-subuh buat menghirup udara pagi + minum air putih minimal 2 gelas standard (karena bagus buat kesehatan, dan lumayan buat mengisi oksigen /udara bagus ke otak, biar agak fresh gitu menghadapi test ntar, kalau bisa joging pagi).
  4. Kurangin makan-makanan seperti, MacDonald, Pizza, Kebab Turki tau kenapa (soalnya pas gua tes, pas akhir bulan, jadi gua gak punya uang,jadi perbanyak makan telur aja hahahaha) soalnya ada test kesehatan ntar, takut ngaruh.
  5. Jaga kesehatan jangan sampe sakit(dikhawatirkan karena gak ngikutin saran gua diatas, lo jadi tegang sakit dah, biasanya sakitnya, demam, radang tenggorkanlah,terlebih lagi sakit mencret kayak gua hahaha).
  6. Perbanyak hiburan, kalau mau belajar ya yang sewajarnya aja, jangan banyak-banyak dan keseringan belajar (takut lo ntar lebih pintar dari gua hahahaha, tapi gua seperti itu kok kemarin, hahahaha) sekali lagi biar lo gak terlalu tegang.
  7. Perbanyak senyuman (sekedar mencari amalan tambahan).
  8. Kurangin tidur malam, takut ngeganggu ke otak, kecuali lo tidur dulu baru lo bangun tengah malam, tu beda (kalau gua tidur dulu baru bangun, soalnya koneksi internet kalau malam kencang, bukan karena pengen belajar, hahaha), tidak disarankan buat penderita insomia(soalnya temen gua insomia lulus tuh, hahahaha)
  9. perbanyak silaturahmi (ni dari segi psikologis, soalnya biar banyak yang mendoakan lo ntar, hahaha)
  10. Ni yang terakhir, jangan terlalu berharap takut lo nya tidak bersemangat lagi untuk melamar kerja ke tempat lain.
  11. Ni Saran Dari Gua "Mau Menang, Harus Siap Kalah, Mau Maju Harus Siap Mundur, Mau Barhasil Harus Siap Gagal". (harus optimis, Yakin Pasti Bisa!!)
  12. ni kalau gua lagi belajar (hahaha, belajar apa tidur tu, gkgkg)


• Tips Saat Hari H (Waktu Ujiannya)
  1. Jangan bergadang kalau besoknya ujian(kalau gua gak bisa tidur, karena tegang...hahaha), takut lo nya bangun kesiangan, dan tu otak lo gak bisa menyesuaikan diri, karena telat dan langsung di hadapin dengan test, pasti berat otaklo (soalnya gua dulu kecepatan datangnya, hahaha).
  2. Pastikan lo ngerjai tu soal tanpa beban, usahakan mental lo stabil, tidak tegang.
  3. Jangan lupa baca Bismillah, tu senjata kita bro.
  4. Harus konsentrasi penuh dalam mengerjakan tu soal, jangan berpikir kalau ada orang-orang disekitar, karena waktu terus berjalan dan waktu gua dulu sistemnya pake waktu, jadi 1 halaman sekitar 5 menit gitu, dan kalau sudah lewat dari 5 menit, langsung ke halaman selanjutnya, yang ketahuan balik halaman akan di kenakan pinalty dan dinyatakan gagal (kalau gua emang gak liat kanan kiri, takut terpengaruh, gua liat anak-anak dari jurusan lain, cakep-cakep, hahahaha) saran gua dari pada lo balik halaman mending pas akhir test baru lo heboh nanyak kanan dan kiri, wkwkwkw.
  5. (free memori).
  6. Ujian session satu selesai.(baru dah lo heboh nanyak kanan kiri, hahahaha).
  7. (lanjut buat Psikotes)

• Session 1, Psikotes
  1. Membolak balik dadu. Lo harus fokus pada tu dadu, karena gambarnya akan dibolak balik, saran gua lo gunakan tangan kiri atau tangan kanan lo buat prakteknya (karena gua dulu gitu, dan jitu).
  2. Membolakbalik bangun ruang. Hampir sama dengan dadu jadi gua lewat aja.
  3. Barisan Deret Aritmatika. Lo harus cepat dalam yang satu ini, apapun jawaban yang lo dapat lo harus optimis, jangan takut salah, karena terkadang yang mudah lo buat sulit, karena sankin gampangnya jawabnya. Misalnya, contoh 1) 3 a 5 b 7 (nah yang a dan b jawabannya adalah 4 dan 6, mudahkan), contoh 2) 3 c 6 d 9 (nah yang c dan d jawabannya 3) pokonya mah gampang lah, hahaha.
  4. (free memori)
  5. (lanjut tes koran)
• Session 2, Tes Koran (Kata orang si tes koran kalau gua tes kecepatan otak tu)
  1. Disini lo akan dihadapin dengan kertas yang sangat besar, dengan meja yang sangat kecil.
  2. Tugas lo adalah menghitung jumlah dari setiap angka-angka itu, dan lo harus mengikuti instruksi dari pengawas ujian, karena akan ada instruksi (stop dan ya, buat mengambil titik performa kecepatan lo) ni contohnya udah gua siapin.
  3. Lo harus cepat mengerjakannya, saran gua lo harus stabil mengerjakannya mulai dari lambat hingga cepat. karena penilaian dari tes koran itu juga pengaruh kepada kinerja lo, tu kayaknya buat menguji semangat kerja orang, apakah grafiknya turun atau naik (buat menilai kerja bulanan, takutnya akhir bulan malah malas tu orang, hahaha).
  4. Fokus - fokus dan fokus. pake pulpen aja, biar gak patah waktu pake pinsil, jangan mengulang lagi ke belakang, maju terus pantang mundur, yang kelewatan lewatkan saja, (kayak lagu ariel, owowow apa yang terjadi terjadilah (kupu2 malam)).
  5. Ingat saran gua, lebih baik progress lo lambat ke cepat, jangan cepat ke lambat karena berpengaruh sama titik yang diisntruksikan pengawas (kalau gua gak open, karena gak tau ternyata fungsinya untuk itu, tak kira buat ngetes matematika gua, hahaha)
  6. Kerjakan secepat lo bisa dan sebanyak2nya, gau cuma bisa satu halaman setengah kurang tiga kolom.
  7. Ni contohnya
  8. (free memori)
  9. Selesai
  10. Session 3 > menghapal

• Tips Hari Setelah Ujian

  1. Langsung pulang aja dahlo dari pada heboh memabahas jawaban atas pertanyaan tadi, percuma kecuali buat nambah ilmu lo buat berbagi dengan yang lain tentang jawaban yang tadi buat pengalaman tes di tempat kerja yang lain, hahaha.(kalau gua langsung buka komp gua, maen dota ma anak kosan hehehe)
  2. Usahakan mencari – cari lamaran ditempat kerja yang lain, sekarang sudah bisa lewat internet pendaftarannya.
  3. Harus berbesar hati jika kalah atau gagal, sesuai dengan tips gua diatas, "Mau Menang, Harus Siap Kalah, Mau Maju Harus Siap Mundur, Mau Barhasil Harus Siap Gagal". (harus optimis, Yakin Pasti Bisa!!). “kalau dipaksa takutnya lo lolos, bukannya tu perusahaan tempat lo kerja, tapi jadi tempat lo mencari tempat istirahat, yang ada rusak tu perusahaan lebih-lebih lo malah merusak citra kampus lo”.
  4. Ni foto gua ma temen-temen sehabis pulang tes pos, heboh membahas tes tadi, (wakakakaka, ntah apapun yang dibahas).

• Saran Gua
  1. Kalau lo belum siap untuk ditempatkan diseluruh Indonesia, mending lo mundur aja dari tes ini, karena lo bakalan harus siap dan sangat siap untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.
  2. Dunia kerja berbeda dengan dunia Perkuliahan, lo akan menjadi insan yang mandiri dalam menangani setiap permasalahan dalam kerjaan.
  3. PT Pos Indonesia memerlukan pegawai muda yang penuh semangat.
  4. Kalo lo dah lulus, jaga nama baik kampus lo.
Buat yang lulus ane ucapkan selamat telah bergabung di PT Pos Indonesia..
Saya tunggu kedatangan anda di tempat saya dimana ditempatkan, ha.ha.ha.ha

Ntu aja dah tips dari gua, kalau mau diikutin silahkan kalau tidak ya tidak apa-apa, semoga membantu ya, “Yakin Pasti Bisa, Be You’r Self” by Auraman, komen disini aja dah > Klik < yang mau ngopy paste silahkan saja ya.

This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.

240 Responses to Tips Menghadapi Psikotes PT Pos Indonesia

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 240 dari 240   Lebih baru›   Terbaru»
  1. YAYA says:

    Haloo temen-temen
    Saya dan beberapa temen-temen yang juga mengikuti test ini Telah membuat sebuah grup line untuk saling bertukar informasi mengenai test posindo 2016.
    Silahkan add line saya " yaya.ink " saya akan menambahkan temen-temen kedalam grup tersebut.

    Thanks.

  2. Unknown says:

    Dalam mengerjakan test online assesment saya sarankan temen-temen untuk dateng ke wiFi Corner telkom (wiFi id) terdekat insya allah aman tidak akan ada masalah. Test online ini mengharuskan internet stabil dan hanya boleh membuka website test nya saja tdk boleh dibarengi dg membuka yg lain.

  3. Anonim says:

    Kaka.sekalian...udah ada yg dpt.email? Saya termsk yg lg nungguin nih..

  4. Ak belom ni kaka.. buka email mulu nih..

  5. Unknown says:

    Uda ada yg dapat email atau SMs blm yah ?? Udah jam 6 sore, dr td standby buka email mulu nih.. kabar2 yah...

  6. Unknown says:

    Haloo temen-temen
    Saya dan beberapa temen-temen yang juga mengikuti test ini Telah membuat sebuah grup line untuk saling bertukar informasi mengenai test posindo 2016.
    Silahkan add line saya " yaya.ink " saya akan menambahkan temen-temen kedalam grup tersebut.

    Thanks.

  7. Unknown says:

    Hi guys,uda pada nerima email lolos asement belum...??

  8. Lia says:

    Wahhh nimbrung ahh... guys kalau utk retestnya kan ada instruksi membawa laptop dan modem yah. Berarti sama2 test online spt assessment yah.. apakah nanti ada test koran spt saat mas auraman mendaftar. Hemm... nampaknya proses recruitmentnya ada bbrpa berbedaan yah 😀

  9. Vivi says:

    Udah pengumuman ya kak?

  10. Unknown says:

    aku belom nrima email pmbritahuan,apa kga lulus apa emang smua blom nerima pngumuman ya??

  11. Unknown says:

    Sudah pengumuman yah mba ?

  12. Lia says:

    Saya sudah mendapat panggilan utk retest mba. Sesuai dg jadwal di web recruitment pos mmg dijadwalkan pengumuman tgl 24 desember..

  13. Lia says:

    Saya sudah mendapat panggilan utk retest mba. Sesuai dg jadwal di web recruitment pos mmg dijadwalkan pengumuman tgl 24 desember..

  14. Vivi says:

    Kak. Diemailkan oleh pos jam berapa ya kalo boleh tau? Email untuk yg lolos aja atau gmn ya kak?

  15. Unknown says:

    Penasaran ih, bisa di copas gk mba emailnya gmn ? Hehehe

  16. Unknown says:

    mba melia,sukses y smoga lulus ampe tahap akhir. amin

  17. Lia says:

    Saya diemail pagi hari jam 7 pagi plus SMS... SMS tidak ada nomornya sendernya tertulis news and info. Saya rasa sesuai Q n A di web recruitment hanya yg lolos yang menerima notification. Thankyou.

  18. Vivi says:

    Ohgitu ya Kak. Makasi banyak ya kak infonya. Sukses ya kak untuk tes lanjutannya :D

  19. Lia says:

    Emailnya bentuknya seperti picture mbak. Hanya pemberitahuan selamat anda lolos dan persiapan yg harus disiapkan dan dibawa untuk retest sesuai lokasi yang sudah dipilih pada saat pendaftaran awal. Semoga membantu. Thankyou.

  20. Lia says:

    Terimakasih Mas Anan, semoga rejeki dari Allah. Aamiin...

  21. Unknown says:

    Ada yg udah dapat pengumuman lolos tes assessment?

  22. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  23. Unknown says:

    Pengumuman lulus tes online sudah keluar ya? Ada yg ikut test lanjutan ndak tmn2?

  24. Martin says:

    Update dong siapa aja dsni yang lanjut ke tahap selanjutnya tanggal 27 desember? materi soal selanjutnya seprti apa ya kira2? trus yang surat pernyataan belum menikah dari pejabt yang berwenang itu urus di mana ya?

  25. Lia says:

    Saya juga blm tau pasti kisi2nya. Cuma di pengumuman kan retest ya. Kemungkinan ya sama dengan tes online lalu.
    Saya sudah menikah. Malah bingung masa disuruh bawa surat ket. Blm menikah. Wkt daftar awal status sudah saya isi menikah. Jadi saya bawa surat nikah saja. Kalau surat keterangan itu mungkin bisa didapat dr KUA setempat dengan pengantar dr RT RW kelurahan.

  26. Anonim says:

    Mba, surat pernyataan dan berkas2 kelengkapan seperti skck, skbn, surat pernyataan kontrak dll dibawa besok hari tes atau dibawa pas wawancara? Info donk.

  27. Lia says:

    Sesuai info di pengumuman by email. Dibawa saat test online. Tp saya terkendala jg karena sy dpt pengumuman tgl 24. Sedang 25 minggu. Senin 26 ternyata cuti natal jd instansi tutup. Pdhl tes pagi tgl 27. Jadilah..sepertinya saya tdk bisa membawa persyaratan tsb

  28. Anonim says:

    Sama mb, aku dpt pengumuman tanggl 24 des, aku jg neh g punya surat kelengkapan apa2 selain ijazah dan ktp. Besok cuma bawa ktp dan ijazah saja. Kalau surat pernyataannya gimana? dibawa besok?

  29. Lia says:

    Dibawa besok spt instruksi

  30. Martin says:

    halo teman2 yang mau tes besok,jgn lupa bawa surat lamaran juga. sesuai dengan isi emailnya. Jadi besok yang bisa di bawa KTP, Ijazah, Surat lamaran, dan pernyataan. Kalau SKBN, SKCK dan Ket Belum nikah sepertinya bisa menyusul soalnya pengumuman tgl 24 (hari sabtu), 25 hari minggu + Natal, 26 Cuti bersama, dan 27 tes. jadi emang gak sempet.
    Good luck friends, moga kita semua sukses

  31. Anonim says:

    Gimana tadi tesnya, sama dgn tes online sblmnya? Aku ga jadi nongol karena harus bawa surat penyataan dpindahkan ke seluruh Indonesia :D

  32. Martin says:

    tesnya tadi hanya pengulangan tes sebelumnya, tapi hanya ada 3 section. Jadi lebih cepat dari pada sebelumnya. katanya besok uda pengumuman.

  33. Unknown says:

    Saya sudah mengikuti test online assesment PT Pos tgl 19 desember
    Kira kira kapan ya pengumuman hasil testnya

  34. Unknown says:

    Saya sudah mengikuti test online assesment PT Pos tgl 19 desember
    Kira kira kapan ya pengumuman hasil testnya

  35. Anonim says:

    Harusnya dari tanggal 30 des sudah jelas siapa yg diterima dan siapa yg tidak. Good luck utk semua ;)

  36. Unknown says:

    halo, ada yg ikut tes online assessment besok gak ? soalnya saya dpt jadwal buat tesnya besok. kalo ada chat dong via email nurhidayah_rambe@ymail.com
    tks

  37. Unknown says:

    bang dari univ mana?

  38. Unknown says:

    Nice .. saya skrg lg apply untuk posisi audit satuan pengawas intern doakan yahh minn semoga rezekinya di pt pos .. Aminn Allahumma Aminnnn

  39. Unknown says:

    saya ikut rekrutmen tahun ini gan, saya sudah mencapai re-test , dan tempat tes nya dipalembang. sedangkan saya adalah org semarang sya dari jawa.
    apakah jika sudah smpai tahap re test ada kemungkinan untuk diterima dan lolos pada penerimaan?makasih

  40. Unknown says:

    Sukaaaaa tips ini, makasih buanyakkk

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 240 dari 240   Lebih baru› Terbaru»

Leave a Reply

Terima Kasih sudah memberikan masukan, semoga bisa membangun penulis untuk lebih giat lagi dalam menulis beberapa artikel yang bermanfaat,jangan lupa mengisi .: BUKU PENGUNJUNG :. ya

Diberdayakan oleh Blogger.