Pos Indonesia kelola “Information Access Center” untuk memperkecil Kesenjangan Digital

12 Oktober 2010
NEWS RELEASE
NO. 17/PUREL/1010

Jakarta, 12 Oktober 2010. Indonesia bekerjasama dengan Korea membuka “Information Access Center” (IAC) di Gedung Pos Ibukota Jl. Lapangan Banteng no. 1 Jakarta, acara dihadiri oleh Mr. Kyung Sup KIM, PHD selaku Direktur pada Kementerian Public Administration & Security of Korea, Dirjen Aplikasi Telematika DR. Aswin Sasongko dan Dirut PT Pos Indonesia (Persero), DR. I Ketut Mardjana. Sebagai perusahaan jejaring yang memiliki 24 ribu titik layanan yang merambah pelosok negeri, Pos Indonesia dipercaya oleh pemerintah untuk mengelola fasilitas IAC agar dapat dipergunakan oleh masyarakat luas untuk dapat mengakses Internet hingga mampu memperkecil kesenjangan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet (Digital Divide).

Pembukaan IAC adalah sebagai wujud dari penandatanganan nota kesepakatan oleh Pemerintah Indonesia saat Sidang Konferensi World Summit Information Society tahun 2003, sebagai tindak lanjut maka pada tahun 2006 Pemerintah Korea Selatan cq. National Information Society Agency dan Pemerintah Indonesia cq. Kementerian Komunikasi dan Informasi bekerjasama mendirikan Information Access Center.

Kini Pemerintah Korea Selatan telah melaksanakan renovasi dan meningkatan kemampuan dari Information Access Center menjadi Digital Knowledge Center, dan hal ini diwujudkan dengan melakukan kerjasama antara Pemerintah Korea Selatan dengan Pemerintah Indonesia melalui Institut Teknologi Bandung. Kerjasama tersebut akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dan peneliti di Indonesia dapat melakukan Video conference dengan para peneliti di Universitas di USA dan Eropa.

Dengan demikian Digital Knowledge Center yang berada di PT Pos Indonesia berperan besar didalam meningkatkan dunia pendidikan di Indonesia. Fungsi Digital Knowledge Center diharapkan dapat dikembangkan menjadi tempat pendidikan bagi tenaga IT di institusi pemerintahan dan perguruan tinggi dalam hal standarisasi e-government di Indonesia.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Terima Kasih sudah memberikan masukan, semoga bisa membangun penulis untuk lebih giat lagi dalam menulis beberapa artikel yang bermanfaat,jangan lupa mengisi .: BUKU PENGUNJUNG :. ya

Diberdayakan oleh Blogger.