Tips Menghadapi Psikotes PT Pos Indonesia

Ane salah satu peserta tes yang berhasil masuk tes perusahaan BUMN (PT Pos Indonesia), (padahal gak pinter2 amat tapi bisa masuk,soalnya keliatan waktu wisuda duduknya di belakang,wakakaka), disini ane cuma mau berbagi tips mengenai cara ane menghadapi tes yang diberikan, dengan harapan agar peserta tes yang lain atau adek-adek kelas yang ingin mencoba masuk ke PT Pos Indonesia dapat memiliki persiapan yang matang, agar bisa lolos dalam psikotes tersebut tapi sebelumnya ane jelaskan tipe jenis psikotes yang diujiankan pada waktu ane dulu,(gak tau kalau sekarang seperti apa), tapi yang namanya psikotes dimana-mana sama, ni yang ane dapat waktu dulu:

  1. Psikotes (Bolak-balik dadu, Bolak-balik bangun ruang, keseragaman dan perbedaan gambar-gambar aneh).
  2. Tes Kestabilan kinerja (lupa gua bahasa kerennya, katanya sih tes koran karena kertasnya segede koran).
  3. Tapi sebelum tes lo akan dihadapi dengan surat pernyataan yang menyatakan siap ditempatkan diseluruh indonesia, tu beneran lo, gua aja ke ujung sumatera, hahaha
  4. (free memori)

Berikut tips yang bisa ane kasih kenapa bisa masuk :

• Tips Sebelum Hari Ujiannya
  1. Ringankan pikiran, jangan ada beban (kalau ane, menghilangkannya dengan maen game sama anak-anak kosan).
  2. Yakin kan diri anda sudah menguasai teknik barisan deret aritmatika(pelajaran waktu smp juga sudah ada), karena itu merupakan soal yang selalu dipertanyakan pada seluruh psikotes. (mudah sih, soalnya matematika gua dulu enam, jadi gampang jawabnya tinggal isi soalnya pilihan berganda, hahaha).
  3. Biasakan bangun subuh-subuh buat menghirup udara pagi + minum air putih minimal 2 gelas standard (karena bagus buat kesehatan, dan lumayan buat mengisi oksigen /udara bagus ke otak, biar agak fresh gitu menghadapi test ntar, kalau bisa joging pagi).
  4. Kurangin makan-makanan seperti, MacDonald, Pizza, Kebab Turki tau kenapa (soalnya pas gua tes, pas akhir bulan, jadi gua gak punya uang,jadi perbanyak makan telur aja hahahaha) soalnya ada test kesehatan ntar, takut ngaruh.
  5. Jaga kesehatan jangan sampe sakit(dikhawatirkan karena gak ngikutin saran gua diatas, lo jadi tegang sakit dah, biasanya sakitnya, demam, radang tenggorkanlah,terlebih lagi sakit mencret kayak gua hahaha).
  6. Perbanyak hiburan, kalau mau belajar ya yang sewajarnya aja, jangan banyak-banyak dan keseringan belajar (takut lo ntar lebih pintar dari gua hahahaha, tapi gua seperti itu kok kemarin, hahahaha) sekali lagi biar lo gak terlalu tegang.
  7. Perbanyak senyuman (sekedar mencari amalan tambahan).
  8. Kurangin tidur malam, takut ngeganggu ke otak, kecuali lo tidur dulu baru lo bangun tengah malam, tu beda (kalau gua tidur dulu baru bangun, soalnya koneksi internet kalau malam kencang, bukan karena pengen belajar, hahaha), tidak disarankan buat penderita insomia(soalnya temen gua insomia lulus tuh, hahahaha)
  9. perbanyak silaturahmi (ni dari segi psikologis, soalnya biar banyak yang mendoakan lo ntar, hahaha)
  10. Ni yang terakhir, jangan terlalu berharap takut lo nya tidak bersemangat lagi untuk melamar kerja ke tempat lain.
  11. Ni Saran Dari Gua "Mau Menang, Harus Siap Kalah, Mau Maju Harus Siap Mundur, Mau Barhasil Harus Siap Gagal". (harus optimis, Yakin Pasti Bisa!!)
  12. ni kalau gua lagi belajar (hahaha, belajar apa tidur tu, gkgkg)


• Tips Saat Hari H (Waktu Ujiannya)
  1. Jangan bergadang kalau besoknya ujian(kalau gua gak bisa tidur, karena tegang...hahaha), takut lo nya bangun kesiangan, dan tu otak lo gak bisa menyesuaikan diri, karena telat dan langsung di hadapin dengan test, pasti berat otaklo (soalnya gua dulu kecepatan datangnya, hahaha).
  2. Pastikan lo ngerjai tu soal tanpa beban, usahakan mental lo stabil, tidak tegang.
  3. Jangan lupa baca Bismillah, tu senjata kita bro.
  4. Harus konsentrasi penuh dalam mengerjakan tu soal, jangan berpikir kalau ada orang-orang disekitar, karena waktu terus berjalan dan waktu gua dulu sistemnya pake waktu, jadi 1 halaman sekitar 5 menit gitu, dan kalau sudah lewat dari 5 menit, langsung ke halaman selanjutnya, yang ketahuan balik halaman akan di kenakan pinalty dan dinyatakan gagal (kalau gua emang gak liat kanan kiri, takut terpengaruh, gua liat anak-anak dari jurusan lain, cakep-cakep, hahahaha) saran gua dari pada lo balik halaman mending pas akhir test baru lo heboh nanyak kanan dan kiri, wkwkwkw.
  5. (free memori).
  6. Ujian session satu selesai.(baru dah lo heboh nanyak kanan kiri, hahahaha).
  7. (lanjut buat Psikotes)

• Session 1, Psikotes
  1. Membolak balik dadu. Lo harus fokus pada tu dadu, karena gambarnya akan dibolak balik, saran gua lo gunakan tangan kiri atau tangan kanan lo buat prakteknya (karena gua dulu gitu, dan jitu).
  2. Membolakbalik bangun ruang. Hampir sama dengan dadu jadi gua lewat aja.
  3. Barisan Deret Aritmatika. Lo harus cepat dalam yang satu ini, apapun jawaban yang lo dapat lo harus optimis, jangan takut salah, karena terkadang yang mudah lo buat sulit, karena sankin gampangnya jawabnya. Misalnya, contoh 1) 3 a 5 b 7 (nah yang a dan b jawabannya adalah 4 dan 6, mudahkan), contoh 2) 3 c 6 d 9 (nah yang c dan d jawabannya 3) pokonya mah gampang lah, hahaha.
  4. (free memori)
  5. (lanjut tes koran)
• Session 2, Tes Koran (Kata orang si tes koran kalau gua tes kecepatan otak tu)
  1. Disini lo akan dihadapin dengan kertas yang sangat besar, dengan meja yang sangat kecil.
  2. Tugas lo adalah menghitung jumlah dari setiap angka-angka itu, dan lo harus mengikuti instruksi dari pengawas ujian, karena akan ada instruksi (stop dan ya, buat mengambil titik performa kecepatan lo) ni contohnya udah gua siapin.
  3. Lo harus cepat mengerjakannya, saran gua lo harus stabil mengerjakannya mulai dari lambat hingga cepat. karena penilaian dari tes koran itu juga pengaruh kepada kinerja lo, tu kayaknya buat menguji semangat kerja orang, apakah grafiknya turun atau naik (buat menilai kerja bulanan, takutnya akhir bulan malah malas tu orang, hahaha).
  4. Fokus - fokus dan fokus. pake pulpen aja, biar gak patah waktu pake pinsil, jangan mengulang lagi ke belakang, maju terus pantang mundur, yang kelewatan lewatkan saja, (kayak lagu ariel, owowow apa yang terjadi terjadilah (kupu2 malam)).
  5. Ingat saran gua, lebih baik progress lo lambat ke cepat, jangan cepat ke lambat karena berpengaruh sama titik yang diisntruksikan pengawas (kalau gua gak open, karena gak tau ternyata fungsinya untuk itu, tak kira buat ngetes matematika gua, hahaha)
  6. Kerjakan secepat lo bisa dan sebanyak2nya, gau cuma bisa satu halaman setengah kurang tiga kolom.
  7. Ni contohnya
  8. (free memori)
  9. Selesai
  10. Session 3 > menghapal

• Tips Hari Setelah Ujian

  1. Langsung pulang aja dahlo dari pada heboh memabahas jawaban atas pertanyaan tadi, percuma kecuali buat nambah ilmu lo buat berbagi dengan yang lain tentang jawaban yang tadi buat pengalaman tes di tempat kerja yang lain, hahaha.(kalau gua langsung buka komp gua, maen dota ma anak kosan hehehe)
  2. Usahakan mencari – cari lamaran ditempat kerja yang lain, sekarang sudah bisa lewat internet pendaftarannya.
  3. Harus berbesar hati jika kalah atau gagal, sesuai dengan tips gua diatas, "Mau Menang, Harus Siap Kalah, Mau Maju Harus Siap Mundur, Mau Barhasil Harus Siap Gagal". (harus optimis, Yakin Pasti Bisa!!). “kalau dipaksa takutnya lo lolos, bukannya tu perusahaan tempat lo kerja, tapi jadi tempat lo mencari tempat istirahat, yang ada rusak tu perusahaan lebih-lebih lo malah merusak citra kampus lo”.
  4. Ni foto gua ma temen-temen sehabis pulang tes pos, heboh membahas tes tadi, (wakakakaka, ntah apapun yang dibahas).

• Saran Gua
  1. Kalau lo belum siap untuk ditempatkan diseluruh Indonesia, mending lo mundur aja dari tes ini, karena lo bakalan harus siap dan sangat siap untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.
  2. Dunia kerja berbeda dengan dunia Perkuliahan, lo akan menjadi insan yang mandiri dalam menangani setiap permasalahan dalam kerjaan.
  3. PT Pos Indonesia memerlukan pegawai muda yang penuh semangat.
  4. Kalo lo dah lulus, jaga nama baik kampus lo.
Buat yang lulus ane ucapkan selamat telah bergabung di PT Pos Indonesia..
Saya tunggu kedatangan anda di tempat saya dimana ditempatkan, ha.ha.ha.ha

Ntu aja dah tips dari gua, kalau mau diikutin silahkan kalau tidak ya tidak apa-apa, semoga membantu ya, “Yakin Pasti Bisa, Be You’r Self” by Auraman, komen disini aja dah > Klik < yang mau ngopy paste silahkan saja ya.

This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.

240 Responses to Tips Menghadapi Psikotes PT Pos Indonesia

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 240   Lebih baru›   Terbaru»
  1. ikaru22 says:

    Dipaksa komen sama kang aulia nih. hahahahhaha.....

    Makasih nyak atas info & ilmunya kang.... Semoga aku bisa menyusul kalian.... hehehehe......

  2. auraman says:

    Wah Si ika, balas dendam dia komennya, hahaha...curang ah., gak kreatip

  3. ikaru22 says:

    Yeeeeesssssss!!!!! Hahahahaha.....
    Bae ah curang oge. hehehehhe......

  4. Unknown says:

    Saya juga mau ikutan komentar Ah... minta doanya yah Bang.. hehe...

  5. auraman says:

    ok semangat dah semuanya ya, jangan menyerah,..tetap semangat.

  6. qiwqiw says:

    terimakasih tips nya...

    mohon doanya yaa *tips silaturahmi biar banyak yg doain* hehehe

    mohon doanya agar dilancarkan dalam segala usaha,, amiin :)

  7. auraman says:

    yup, Qq...salam buat si abah, kan si abah juga bantu doa, padahal belum kenal ya, wahahaha

  8. Anonim says:

    Wkwkwkwkwkwk....
    Tips yg lucu nan bermanfaat...
    Gmn kabar d sigli kawan? Lama tidak mendengar kabarmu...

  9. Anonim says:

    Wkwkwkwkwkwk....
    Tips yg lucu nan bermanfaat...
    Gmn kabar d sigli kawan? Lama tidak mendengar kabarmu...

  10. auraman says:

    Alhamdulilah kabar saya sehat, tapi siapakah gerangan diri anda, sudihak memperkenalkan diri anda, hahaha

  11. hmhmhmhmhm..........hmhmhm.......

  12. ikaru22 says:

    tes tes tes komen..... disuruh komen ma kang aulia. wakakakakakaka....
    masuk kah???

  13. auraman says:

    masuknya, kenapa kata kang diah tidak bisa maasuk ya aneh tu orang

  14. ikaru22 says:

    meneketehe tah kang. hahahaha.....
    mungkin, bisa saja beliau yg aneh. upsssss... wakakakakakak......

  15. refika says:

    ikut komen ah,,
    "udah kebawa budaya sunda nyak,, kreatip,,,, "
    hehhe ^_^

  16. hahaha nice info gan....
    klo blh request ane minta saran biar bisa keluar dr pns / atau pindah dengan nyaman,,ahahhahaha

  17. auraman says:

    wahaha, kalau pindah ntar aja gan kalau udah banyak uang, ane belum bisa keluar harus menunggu 2,5 taon lagi, kalau gak bayar denda, wahahaha

  18. Anonim says:

    Salam kenal thx yah buat tips dan triknya..sangat bermanfaat
    doakan ya kang supaya diberi kelancaran dan kemudahan pas tes psikotes tgl 12 oktober nanti..hehehehe..

  19. auraman says:

    Wah terima kasih tapi siapa ya ?? namanya, kalau mau Waktu Beri Komentar sebagai dipilih, pilih aja sebagai Name / Url, ntar namanya keluar deh, hihihih

  20. Anonim says:

    MAs mau nanya..kesejahteraan PT POS gmn ya?
    Mengignat BUMN, kan biasanya gaji nya bisa sampai 18kali.

    mengingat juga ada penmpatn seluruh indo?


    saya tgl 9 nov kemrn juga ikut...

    tolong bls ke email saya

    milan_ardo@yahoo.com

  21. auraman says:

    @milan-ardo : untuk kesejahteraan ya seperti tunjangan jabatan, tunjangan daerah, ada uang rumah , penempatan dibiayai(lebih ni), jika punya anak selain gaji di kali jumlah tanggungan juga ada uang tambahan buat sekolah si anak, lumayan lah :D.

  22. aku bsok mggu depan brangkat ke bandung buat tes kesehatan ama interview..
    bisa berikan tips2nya...
    makasih ^^

    share ke email aja
    intanharuml@gmail.com

  23. auraman says:

    @aichankawaiii : wah untuk tips kesehatan harusnya seminggu yang lalu, yang dijaga kondisi badannya dengan lari pagi buat jantung, jangan merokok dulu kalau merokok hehehe ni buat tes paru-paru, terus perbanyak minum air putih buat tes urin ntar...semangat ya semoga lulus dah :D

  24. ghiechan says:

    hai, mau nanya kalau interview di PT.Pos ada tips khusus g?hehe, minggu dpan saya juga wawancara and besok tes kesehatan dulu..makasih ya..

  25. auraman says:

    @giechan : kebetulan yang kemarin saya tdak ada wawancara,...tapi saran saya coba deh mas/mbak google aja "10 macan pos" itu produk pos andalan, mana tau ada pertanyaan seputar produk pos, terus sisanya ya mengenai kematangan mbak untuk bekerja dan apa yang akan mbak berikan buat perusahaan untuk lebih baik,.. semoga lolos ya :D

  26. Anonim says:

    kalo saran buat interviewnya gmn nih???
    trus juga kalo buat tes kesehatan udah gak sempet mo lari pagi soalnya besok udah mau di tes jd gmn???
    kalo bisa tipsnya di share ke email aja

    algansoem@yahoo.com

    makasih...makasih....makasih....

  27. hai hai hai....
    komen kamu baru aku baca..

    and thats toooo laaaaaaaaaaaateeeeeeeeeeeee

    aku membaca di saat aku udah menginjak bulan ke 4 penempatan...
    alhamdulillah lolos seleksi tahap akhir terus jan smpe mei kmren diklat d bdg...
    juni kmaren udah penempatan di karawang.....hehehehe.....

    -salam dari KASIR KW 41300-

  28. auraman says:

    @aichankawaii : oh gitu selamat ya, salam buat manpelnya ya.. salam dari auraman :D

  29. salam balik dari manpel kw 41300....wkwkwkwk

  30. Anonim says:

    kalau lokasi tesnya TPAnya dimananih? apa terpusat di satu tempat atau perzonanih

  31. auraman says:

    wah sepertinya mau ikutan yang S1 ya :D, TPA kalau umum perzona baru terpusat :D

  32. fanny says:

    hi slm knal
    mau tanya, yg d trima hrus wajib yg tofel 450 ya?
    mamang ny krjaan di pos tu bolak balik ingris smua??
    hhehheheheee

  33. Anonim says:

    bos gue mao tanya nie ni...gimana kesejahteraan peg pos..trus akan jadi apakah(dipersiapkan untuk apa) nanti ini sarjana intake?sampe berapa grade di pt pos?,dapat pensiun gak??kalo misalnya di tempatkan di luar pula ,ada rumah dinas dikasih gak?...mohon infonya yang benar bro...soalnya saya CPNS sekarang..en gak cocok dengan cara kerja di kantor gue yang ambroadul...nda ada jobs description yg jelas....maksudn gue tanya ke situ,buat bahn pertimabangan ane ,jadi mohon jawab yang bener dan jujur ya bro....

  34. Anonim says:

    yang cepet balesnya bro....supaya cepet ane ambil keputusan....gue gak suka berjudi dalam mengambil keputusan..semuanya butuh rencana matang..termasuk info jujur mengenai kesejahteraan dan suasana kerja di kantor pos.....kalo semapat bisa nanti kirim ke mongkidluffy@yahoo.com ...mohon infonya sob,supaya ane tenang

  35. auraman says:

    coba singgah kesini -> http://auraman88.blogspot.com/2011/09/lowongan-kerja-pt-pos-indonesia-2011.html

  36. auraman says:

    rumah dinas tidak ada hanya di kasih uang untuk rumah dinas, dan pengalaman saya uangnya cuma bisa buat nutupi setengah tahun., kesejahteraan ane rasa kurang dalam arti tidak seperti perusahaan BUMN lainnya. kalau ingin melepaskan PNS sobat, pikirkanlah matang-matang karena gajipokok pos sekarang masih terlalu kecil, jadi besar gaji di tunjangan.

  37. Anonim says:

    thanks..sobat,info andasangat berguna bagi saya untuk menetukan langkah saya ke depan :)

  38. Anonim says:

    beruntungnya kau auraman..aku dh 4hari nunggu panggilan dr pos, tp ga dtg2 suratnya.. Jgn2 si tkg posya ayu ting2 lg...baaah

  39. imamseach says:

    halo... join dong...
    :)

  40. Anonim says:

    mas auraman ini lolos penerimaan sarjana intake juga ya, skrg posisinya apa

  41. Anonim says:

    Assalamu 'Alaikum,
    Mau minta tlg nih mas, tgl 15 nti ada test TPA, kebetulan test nya di Makassar, ada contoh soal ga biar nti bs jd referensi klo ada tlg dikirim ke andi.arfan@live.com
    reply me soon ya...trims

  42. auraman says:

    @-> Saya bukan sarjana mas, hanya D-III, sekarang di Sigli :D

    @-> Kalau Soal, kata saya sih standard psikotes mas karena dulu waktu ikut tes STAN soalnya juga tidak beda jauh.. sukses ya ^_^

  43. Anonim says:

    ni fitri mz mwe crta bsk aq tes TPA tgl 15 d smg mz,mw ty kn ada tes pengetahuan umum itu biasanya isinya apa aja y mz?tahapan tes stlh tes TPA regionan pe ktrima jd pegawe apa aja mz??mksh,kl bs krm k email cavianfitrianti@gmail.com.mksh..

  44. matahari says:

    kalo tes wawancaranya seputaran apa y? thanks

  45. matahari says:

    kalo tes wawancaranya seperti apa y???

  46. Anonim says:

    Mas2 mbak2 mohon infonya donk, saya regristrasi pos pada tes buat tgl 15 ini di http://www.posindonesia.co.id/rekrut kog websitenya error ya?Apakah memang dari pusatnya error atau gmna ya?Sampai skrng pun saya blm bisa regristrasi?Apakah mas2 dan mbak2 yang melamar juga mengalaminya?Mohon info, bantuan, dan sarannya?Terimakasih

  47. auraman says:

    Sedang Maintanance di pusat sepertinya mbak/mas

  48. rio_blog says:

    Bung Rahman, MOHON info donk mngenai kesejahteraan & jenjang karir di Pos,,
    1. Grade 11 tu apa, klo d pns kn ad glongan nah nie sstem grade apa sma dg golongan, brpa thn n apa syaratnya agar bsa naik grade??? trtinggi tu grade brapa??? GAPOK utk grade 11 brapa sich???
    2. Pnghasilan karyawan pos mnurut bung rahman gmna, apkah sdah cukup,kurang, apa lbih dri cukup???
    3. Prospek POS ke depannya gmna mnurut bung rahman???

    Mohon sgera d Jawab coz info nie sngat pnting buat sya, biar gk slah mmbuat kputusan!!! Thank's sbelumnya...
    klo mw bles email ke: prince4triton@gmail.com

  49. Anonim says:

    iya nih, kok sampai sekarang saya belum bisa registrasi yah? eror mulu...ngaruh ga sih iitu ngisinya?thnks infonya teman2, blognya sangat membantu :)

  50. auraman says:

    1. Grade hampir sama dengan golongan, pembeda antara sarjana dan diploma, itu baru berubah dulu grade itu berdasarkan jabatan manajer

    2. Masalah Gaji, tentu tidak ada manusia yang puas, bersyukur saja bisa keterima dulu. setelah itu cari penghasilan lain lagi, saya rasa sekarang ini masih kurang, mungkin karena sendiri saya rasa ini cukup.

    3. POS semakin berkembang secara teknologi dan akan terus berkembang, saya yakin itu.

  51. auraman says:

    Untuk registrasi, sampai tadi sore email yang sya terima masih membahas seputar web yang maintanance, slahkan langusng saja datang ke kantor pos besarnya, untuk sumut-aceh silahkan langsung ke medan.

  52. Anonim says:

    Alhamdulillah udah test kemarin, soalnya agak susah, beda klo mau masuk di STAN, jenis testnya pun cuma dua macam, matematika dasar sm bahasa inggris, padahal isi surat panggilannya ada test verbal dll, but wish me luck ya...Amiin Yaa Allah

  53. Anonim says:

    mau nanya lg...yg lulus psikotest nantinya itu di ranking seluruh indonesia atau per regional atau per-provinsi??? Krn setelah td sy cek yg lulus psikotest tahun lalu t'nyata ga ada yg dari sulawesi, kalimantan atau dari Indonesia Timur, yg lulus kebanyakan dr Jawa Barat...memang sistemnya seperti itu atau bagaimana sbnrnya???

  54. Anonim says:

    kok pertanyaan di atas ga di jwb2????

  55. auraman says:

    kalau untuk umum ya, umum berarti bukan kenapa tidak ada yang lulus, karena kebetulan memang belum rezeky nya, misalnya ditempat saya bekerja sekarang yang jelas-jelas kekurangan pegawai tetapi yang dinyatakan lulus adm hanya 4 orang sobat, maaf ya telat menjawab

  56. arwy says:

    ada info mas pengumuman tahap selanjutnya...karena katanya pertengahan nov..tapi ini dah masuk minggu terakhir november...^^

  57. Anonim says:

    hasil test TPA yg tgl 15 oktober kmrn blwm kluar y?

  58. auraman says:

    masih belum sobat, sepertinya panitia masih melakukan penyeleksian dengan hati-hati sobat, bersabar ya

  59. jo says:

    mas, kalau dari tes TPA ke Psikotest dan ke test lainnya, biasanya jenjang waktu berapa lama? minimal satu bulan atau kurangkah? atau bagaimana?
    oiya itu di semua tes nya sudah pasti dikabari lewat pos atau by call mas?
    terima kasih banyak ya mas sebelumnya :)

  60. Anonim says:

    salam bos rahman

    ane Alhamdulillah tes TPA dan bahasa inggris, lanjut ke psikotest, yang ane mau tanya :

    1. apa semua jenis test yang bos bilang, hanya itu semua ?? ada test sinonim dan antonim gak ya??

    2. Kasih kisi2 tentang tes menghapal dong boss, jadi biar bisa kebayang soalnya nanti bagaimana.

    thanks ya boss

  61. Anonim says:

    salam kenal mas, sy dido, kemaren lulus TPA, Yg sy tanyakan:

    saya kan dr padang, nanti seandainya lulus psikotes ntar ongkos dr padang-bandung-padang ditanggung sy sendiri, atau dbiayai?

    Maklum lah, kalo hrs dr kantong qt mendinglah uangnya buat ongkos nxari kerja yg lain, hehd

  62. Anonim says:

    mas aulia, untuk tahapan tes kesehatan dan wawancara itu bagaimana?
    denger2 makan waktu 3 hari.
    Kalo ada info, sharing berupa apa saja tuh?

  63. Anonim says:

    musti dicoba nih, thanks tipsnya!
    ngmong2 tau istilah2 kedinasan pos ga kang?
    kayak N22, N2, Per7, Per73, PP14, dll?
    klo bisa share atuh..

  64. klo buat tes intake OS ma PKWT tentu beda dong ama yang intake D3 ma S1....

    siapkan aja psikotes dan pengetahuan pos untuk tes tahun ini :D


    #salam......
    tukang jaga psikotes taun kmaren :D

  65. auraman says:

    hahaha sudah dijawab, makasih ya mbak :D

  66. Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
    Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
    Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
    Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
    Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
    Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
    Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
    Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
    Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
    Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
    Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

  67. silviani says:

    makasih banyak gan infonya

  68. ditunggu berita beriktunya

  69. silviani says:

    ditunggu postingn barunya

  70. Anonim says:

    Sob atau rekan yg pernah tes PT.POS,..bisa share tes Pengetahuanj umum,wawancara dan kesehatan gmna sob? saya tnggu jwbnya ya? trima kasih bnyak...!!!

  71. Anonim says:

    nice share.....

  72. herry says:

    ijin share gan..........

  73. menarik sekali saya tunggu postingan selanjutnya

  74. Unknown says:

    Saya ikut rekrutmen PT.POS tahun ini, mohon doa nya ya mas,
    Apa kira2 proses rekrutmeny juga sm sperti tahun2 sblumnya? Terima kasih

  75. Ahmad says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  76. Anonim says:

    Untuk tajun 205 tes dilakukan secara online. Ada yg bisa share pengalamannya? Jenis tes nya apa saja dan bentuk soal2 nya seperti apa? Trims

  77. Unknown says:

    saya tes psikotes online pt. pos besok.. mohon infonya dong.. apa tes nya ada b.inggris nya juga? dan jangka dr psikotes ke tes lainnya sampe selesai biasanya berapa lama. thx yaaa

  78. Tessa says:

    Bsk juga saya ikut test online. Apa ada yg tau test nya terdiri dari apa saja yaa... Kan waktunya sekitar 4 jam . Mohon infonya yaa ... Terimakasih

  79. Unknown says:

    Bagaimana pengalaman tes onlinenya? @Tessa @Dina Musollina Testnya seperti apa ya? Bagi pengalamannya dong

  80. Anonim says:

    tes online pos hari ini selesai 2 tipe soal loading dari jam 11 sampai sekarang belum selesai pertanda apakah ini

  81. Unknown says:

    Gan mohon info gan besok ane tes semoga aja dterima amiin 🙏

  82. Unknown says:

    Gan mohon info gan besok ane tes semoga aja dterima amiin 🙏

  83. Anonim says:

    kalo boleh tau jenid tesnya apa aja? makasi..��

  84. Anonim says:

    gimana tesnya mba? langsung bisa tau nilai yg kita dapet gak? jenis tesnya apa aja mba? ada b. inggrisnya? makasii.. :)

  85. Anonim says:

    gimana tesnya mba? langsung bisa tau nilai yg kita dapet gak? jenis tesnya apa aja mba? ada b. inggrisnya? makasii.. :)

  86. Anonim says:

    Maaf, mas atau mbak yang kemarin uda tes terus loading pada sesi 2 lama banget itu akhirnya bisa ke buka atau tidak ya? Terima kasih

  87. Anonim says:

    saya udah beres tes nya hari ini, terus pas udah selesai langsung ketutup gitu aja ? takutnya ga ke save :(

  88. Anonim says:

    Kalo lgsg ke tutup aja td di back dulu trus tulisannya data sudah tersimpan. Mungkin sudah tersimpan kl lgsg ketutup

  89. Anonim says:

    Kira2 kapan ya pengumumannya?

  90. Anonim says:

    Saya sudah login dari pùkul 10 pagi, baru mengerjakan 2 tipe tes sampai sekarang "loading". Kira2 solusinya bagaimana ya?

  91. Alsep says:

    Tes nya ada 9 jenis. iya kalo udah selesai langsung tersimpan dan locked. mudahan lulus ya. besok tanggal 7 may pengumuman nya. stay tune @ email kawans... :)

  92. ICAL says:

    Pengumuman hari ini , Ada yang sudah masuk di emailnya kah ?

  93. Alsep says:

    udah ada yang masuk ga email nya? share donk. Ical minta pin BB

  94. Tessa says:

    Saya juga blm dpt email nya. Semoga kita dpt kabar baik

  95. ICAL says:

    7ebad7c4 ini pin saya

  96. Anonim says:

    Tes psikotes bukanny kuk online tes itu yaa?

  97. Alsep says:

    udah ku invite Cal. segera terima ya. jam segini belum ada email masuk jg, hehe. apa ga lolos ya? Tessa pake pin BB? share

  98. Tessa says:

    Sepertinya saya ga lulus. Di website nya di bilang kalo di kabari lwt sms & email. Sampe skrg blm dpt.
    Ga pake bbm

  99. Anonim says:

    mw nanya nih, pengumumannya memang tgl 7 mei ya ? tlg di share ya teman" infonya

  100. Anonim says:

    Mas aulia saya mau nanya,untuk tes kesehatan saat pemeriksaan gigi apakah sangat ditekankan tentang gigi berlubang? Saya punya 2 lubang gigi dan saya akan tes kesehatan pt pos hari senin nanti.. Terima kasih

  101. Anonim says:

    hehehehe.....selamat bergabung adik2 intake s1 2015, pasti sekarang lagi diklat di bandung ya ?
    cuma gak tau masih di pusdik pos atau gak ya ? plus bintal yang buat kulit kita hitam

  102. Assalam Gan. aku mau tanya nich,untuk lokasi test itu mesti ke lokasi regional ea? atau di t4 kita? coz aku di wilayah kota B, berada di regional III, dan regional 3 berkedudukan di Kota P, di propinsi sebelah. kira2 lokasi test nya nanti di kota P atau dikota B ya??? Mohon Info nya ea.... ditunggu. makasih, Syukron, Thanks :-)

  103. Unknown says:

    Bila dlht dri pengumuman tesnya cuman ada empat rangkaian yaitu: a. Administrasi. b. Tes Potensi/Psikotes. c. Kesehatan. d. Wawancara
    Tpi klo dlht dri beberapa komentar knp ada yg bilang ada tes TPA nya ya ? Saya bingung apakah tes TPA itu memang ada dn dilaksanakan sebelum Psikotes.
    Mohon penjelasannya terimakasih

  104. Suprianto says:

    test tahun ini apa saja ya bang??
    TPA, Matematika, Bahasa Inggris ya bg??
    Selain itu??

  105. Mas ma mba2 saya tgl 17 ne ujian spikotes mohon doanya ya
    Makasih sebelumnya

  106. Unknown says:

    Gan, saya besok ujian online untuk tes pengetahuan umum Dan bahasa inggris,..
    Baru pertama kali tes di pt pos persero mudah -mudahan lulus..mohon doanya ya Gan...
    Terima kasih 😃

  107. Unknown says:

    Gan, saya besok ujian online untuk tes pengetahuan umum Dan bahasa inggris,..
    Baru pertama kali tes di pt pos persero mudah -mudahan lulus..mohon doanya ya Gan...
    Terima kasih 😃

  108. Thanks buat motivasi..n sarannya..........

  109. adhelia says:

    insha allah besok sy test psikotest...
    ada yg bisa share gak? tipe soalnya apa* aja ??? makasiihh

  110. Unknown says:

    teman-teman yg akan test psikotest online apakah kalian smuanya dapat pemberitahuan lolos administrasi melalui email?
    saya tdk dpat pemberitahuan lolos melalui email.
    tapi saya cek di http://pos.gaianets.com/ bahwa saya lolos.
    saya jadi bingung ada saran kah?

  111. triana says:

    Coba cek spam di email mba, sy jg gt tdnya kirain gak lolos adm, tp ternyata pemberitahuan ada di spam, skrg lg nunggu hasil psikotest mudah2an ada kbr baik.. Amin

  112. Unknown says:

    semoga semuanya lolos

  113. Unknown says:

    Saya mau test hari ini, saya mau tanya kira -kira soal psikotest yang keluar apa saja...

  114. intanpermana20@gmail.com says:

    Hallo, dagdigdug besok dibuka hasil tes online ya, mohon do'anya ya manteman.

  115. Unknown says:

    Di website nya pengumuman tgl 21 oktober dan ini sdh hampir jam 5 sore tp msh belom pengumuman juga, numpang curhat disini boleh kang auraman

  116. Ada tips ga buat wawancara?

  117. Ada tips ga buat wawancara?

  118. Pembahasannya komplit banget, berbagi pengalaman sangat bermanfaat untuk yang membutuhkan. Tetap semangat menulis. Salam kenal dari saya.
    Download contoh soal psikotes pdf gratis
    Cara membuat file PDF dengan Aplikasi PDF Converter
    Antivirus terbaik dan cara update antivirus avast terbaru

  119. Unknown says:

    Siang... mohon info saya mau ngelamar sebagai sales dan marketing postal solution. Itu job dis nya gmana ya?
    Trus kalau boleh tau kesejahteraannya bagaimana di PT Pos indonesia saat ini. Mohon info utk menjadi salah satu pertimbangan saya.terimakasih

  120. sip matab deh info nya
    seringsering update aja gan

  121. fitri says:

    Mas, kalau untuk ujian online assessment biasa,a bahas apa yaa ? Saya ujian sabtu ini. Mohon segera dibls ya mas. Thx

  122. Unknown says:

    daftar online ya mbaknya? @fitri

  123. Unknown says:

    @fitri : kalau saya tesnya dapet hari minggu, semoga lancar ya ujiannya.
    @indhira agita : iya daftar online, waktu pendaftarannya udah selesai, pendaftarannya kemaren tanggal 01 s/d 12 Desember 2016

  124. Vivi says:

    Tes online assesment juga ya kak? Saya jadwal nya hari selasa. Terkait materi tes nya. Psikotest atau seperti apa ya kak?

  125. Unknown says:

    mas dan mB aku mau tanya yah, soal test Online Assessment, pembahansan mengenai TPA atau gimana yah, tgl 20 des saya akan test, untuk yang test semoga kalian berhasil semua yah termasuk saya heheh amin

  126. Unknown says:

    Kuy lah saling sharing 😁, sy juga ujian online asessment hari selasa
    Apakah materi tesnya termasuk Test TPA, psikotest dkk

  127. Unknown says:

    saya juga ikut tes hr sabtu,, kira2 tes online nya seperti apa ya mas n mb?? buat rekan2 yang juga tes hr sabtu yuk sharing bareng
    ini email saya yofitaramlie14@gmail.com
    nanti kt bs tuker pin dn berbagi pengalaman ,, thx

  128. Unknown says:

    Kalau saya test assestment hari minggu, lg nyari2 bocoran soal nya nih...

  129. Unknown says:

    Wah,,boleh minta info nya juga nih mbak,, saya test nya hari minggu.. apa boleh saya minta info test nya sprt pa nnti?

  130. Vivi says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  131. Unknown says:

    Saya tes minggu, yang mau sharing2 pesan email ya dulkemin00@gmail.com

  132. Unknown says:

    ditunggu kabarnya guys yg tes besuk, share pengalaannya ya guys

  133. nindyaafz says:

    Pagi Kakak admin..boleh share info mengenai ujian assessment online materinya menyangkut apa saja??

  134. nindyaafz says:

    Share materi ujiannya ya kak..menyangkut apa saja tesnya? Makasih kak 😊

  135. nindyaafz says:

    Share materi ujiannya ya kak..menyangkut apa saja tesnya? Makasih kak 😊

  136. nindyaafz says:

    Pagi Kakak admin..boleh share info mengenai ujian assessment online materinya menyangkut apa saja??

  137. Martin says:

    Hari ini (sabtu 17 des 2016) saya juga dapat jadwal test " online assesment gan" blm ada bayangan. tes nya seperti apa.

  138. Unknown says:

    Saya juga ada jadwal test online assessment kira2 seperti apa ya bocoran nya, belum ada gambaran gmna.

  139. Yang udah test boleh dong kasih secuil aja pengalaman tes assesmentnya spt apa aja? 😉

  140. Sport says:

    bagi info nya gan yang tes,

  141. yang udah tes assesmentnya info dong seperti apa gambaran soalnya ?

  142. Thia says:

    ada 7 materi tes kmren tes assesmentnya,, ada logika dasar, matematika dasar, bahasa inggris, personality, pengetahuan umum, matematika ekonomi, dan psikotest..

    kalau utk re-test itu kyk gmn ya ada yg tau?

  143. Unknown says:

    mau tanya dong guys, pas lagi tes terakhir personality kan ga ada waktunya yah, nah pas saya pengen simpen gabisa terus.... saya harus gimana yaaah padahal di refresh atau tekan f5 gak boleh ?? :(

  144. Unknown says:

    Utk yg baru mau test assestment online pos, materi test nya lumayan lieurr juga ( hehe),,, test aritmatika, pengetahuan umum, kepribadian, bhs inggris, ketelitian, gambar 3 D,,

  145. Unknown says:

    Sama,td saya jg ky gt,, pas udh bres,, simpan.. layar langsung blank putih.. trus saya cobain msukin user name, id it tdk bsa msuk. Mudah2n udh ke lock semua jawabannya..

  146. Barusan saya baru selesai ngisi test assesment online pos. dan materinya lumayan lah(lumayan lieur haha)
    materi dibagi 8 yaitu :
    1. Smart GMA Verbal
    2. Smart GMA Numerical
    3. Smart Ability to Learn
    4. Smart CTR Verbal
    5. Smart CTR Numerical
    6. Test Kemampuan Umum
    7. Smart Bussines English
    8. Smart Personality ( ini yg paling mudah menurut saya hehe)

    intinya itu materi ttg, aritmatika, logika matematika, gambar2 gtu, sinonim, asosiasi, bahasa inggris, pengetahuan umum dll.
    Btw, yang mau test semangat yah. salam kenal Desi dari Bandung :D

  147. Mau tanya tadi loading stlah save nya lama ga ya? Ini aku bru slsai soal yg ke dua tpi loading trus.. Bingung hrus gmna. Katanya ga boleh di refresh kan ya?

  148. Nilam says:

    Terima kasih ms infonya.

  149. Unknown says:

    Sepertinya server down.. udah mulai lelah

  150. Mau tanya tadi loading stlah save nya lama ga ya? Ini aku bru slsai soal yg ke dua tpi loading trus.. Bingung hrus gmna. Katanya ga boleh di refresh kan ya?

  151. Unknown says:

    koneksi 26 mbps (wifi-id) ternyata gak mempengaruhi lamanya loading. 2 jam masih pada tampilan loading.

  152. Unknown says:

    @poppy sama kak, saking penasaran kepaksa aku refresh malah, login lagi dan data udah ke save ternyata tapi begitu mau ke soal berikutnya loading lagi sampai 2 jam.

  153. Aku udh bisa sih ini.. Coba kamu pake chrome ya.. Tdi aku pake safari ga bsa, pas pake google chrome bsa

  154. Unknown says:

    @ Poppy aku tidak bisa menemukan tombol SAVE diakhir tes.
    cara save nya gimana ya?
    ada yg bisa bntu?

  155. Vivi says:

    Halo Mbak Desi. Untuk asosiasi, itu soalnya yg seperti apa ya mbak?

  156. Unknown says:

    @poppy sampai sekarang punyaku masih ga bisa he, masih di tampilan loading, udah ku login bbrpa kali

  157. Khoifaa says:

    @Dul sama nih aku juga dah ngerjain tipe ketiga. loading mulu dr jam 7 tadi padahal kalo di refresh ntr jadi log out sendiri. batasan login kn 5 kali login. mesti gimana ya? mohon bantuannya kawan...

  158. Unknown says:

    Baru tes ke dua udah loading mulu, sampai login lagi kok masih loading lagi. Gimana yaa gan sis ada yang bisa bantu?

  159. Unknown says:

    baru beres test online nya dr jam 2 siang udh smp yg terkahir dan tinggal klik selesai malah ga ada respon .. mau d refresh takut suruh login lagi dan ga k save yg tdi .. ada yg mengalami hal yg sama ??-_- smp stngh 4 pun msh d dpan laptop ni kawan ..

  160. Unknown says:

    hallo kaka kaka sekalian yang sedang ujian online PT.POS mohon saran dan informasinya ya, saya ujian hari jumat tgl 23 desember 2016.
    bisa sharing ya di email saya, yusuf.burhani@yahoo.com
    terimakasih.

  161. Mudah2an yang ikut test onlinenya lulus semua,, Aaamiin,,, Aq jg tes hari rabu nanti,, smg lolos mpe jadi pegawai PT pos Indonesia,, semangat nyaaa,,,

  162. Unknown says:

    Sorry nih mau nanya, sallary di kantor pos untk tingkat manager atau fungsional brp ya?

  163. Unknown says:

    Mohon info dan wejangan2nya yg lain y gan untuk test assestmentnya, saya test tgl 21..
    Untuk infonya d tunggu d email sya y om dan tante anggasimnjuntak@gmail.com
    Terima kasih bnyak agan2 smuanya

  164. Unknown says:

    Mohon info dan wejangan2nya yg lain y gan untuk test assestmentnya, saya test tgl 21..
    Untuk infonya d tunggu d email sya y om dan tante anggasimnjuntak@gmail.com
    Terima kasih bnyak agan2 smuanya

  165. YAYA says:

    salam kenal saya yaya dari balikpapan,
    saya test jum'at ini tanggal 23 desember. setelah baca2 komen di blog ini aku makin deg-degkan banget.
    mungkin ada yang sepakat untuk membuat grup yang ikut test POS Indonesia tahun 2016 untuk saling berbagi informasi dan berbagi supportnya?

    biar yang punya blog gak merasa di zolimi tiap tahun dengan komentar2 penasaran kami hahaha..

    Line yaya.ink
    email nurhhidayahh@gmail.com

  166. Unknown says:

    saya test tgl 23. makin degdegan baca komentar kalian. semoga bisa lulus, padahal ini bisa jadi pengalam pertama saya. hahahah

  167. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  168. Unknown says:

    saran kawan-kawan. saya mulai tes jam 02.30 pagi. lancar jaya kok. tes selasa ini . ada kemungkinan tiap harinya soalnya beda. soalnya ada info dari komen hari senin yang gak ada dihari selasa. tetap latihan jgn terpaku . cuman babnya sama
    1. Smart GMA Verbal
    2. Smart GMA Numerical
    3. Smart Ability to Learn
    4. Smart CTR Verbal
    5. Smart CTR Numerical
    6. Test Kemampuan Umum
    7. Smart Bussines English
    8. Smart Personality

  169. Asalamualaikum,

    Salam bahagia untuk kita semua,
    Minta doanya moga2 materi2nya tidak terlalu sulit. Saya dapat jadwal test 22-12-2016

    Mohon infonya bagi yg sudah pernah mengerjakan soal online. Chat my di email: glendy.janen@gmail.com

    Terima kasih,
    Wasalam

  170. Unknown says:

    Kebetulan saya juga tes assesment tp hari rabu 21 des 2016 tepat hari ini, mohon doanya utk tes hari ini yah..saling dukung dan support yah

  171. Unknown says:

    Aku coba login, loading mulu yaaaa....ga masuk2..

  172. Faarijal says:

    Saya baru selesai tes, alhamdulillah lancar, jaringannya juga lancar. semoga yang mau test diberi kelancaran. Aamiin.. untuk bertukar info email aja ke : faarijalaf@gmail.com

  173. KERENNNBANGET MIN...DOAIN EKE LULUS YAH N DAPET KALO BISA PENEMPATANNYA DI BANGKA AJA...HEHHEHEHEHEH

  174. Unknown says:

    ada kabar terbaru gak buat yang loadingnya lama nih pas mau lanjut ke session berikutnya?

  175. Anonim says:

    Sama gan...ane jg mengalami mslh yg sma.. klik selesai ga bs2.. lupa malah ke refresh.. mau msuk lg dah ga bisa..

  176. Unknown says:

    saya sampai tes terakhir tinggal simpan kok tidak ada respon kenapa ya?
    mohon bantuannya teman-teman?

  177. Unknown says:

    wahhh.. saya di pos juga di riau.. hehe

  178. Unknown says:

    aduuuhhh sudah selesai mengerjakan sesi ke 2 namun gagal menyimpan..loading terus ga kesimpen-simpen..akhirnya saya refresh (berkurang sudah kesempatan login saya).

  179. Unknown says:

    Temen2 semua kasusnya sama kaya saya klik selesai tidak di respon alhasil saya coba refresh dan masuk ke window login lagi (kesempatan login tinggal 3x lagi) namun tetap tidak bisa.

    cara kedua saya close windownya lalu buka link dari email saya login ulang lalu saya klik "selesai" alhamdulillah bisa

    Silahkan coba, mungkin ini bukan solusi satu2nya

    semoga beruntung

  180. Unknown says:

    saya dapat jadwal test hari ini, semoga bisa lolos, wish me luck

  181. Unknown says:

    @dawam akbar, barusan saya juga begitu, saya login 1x.. klik selesai, tidak ada respon, lalu saya tutup windownya, saya buka lagi, karena masih ada kesempatan login 4x lagi, saya login, tapi tulisannya "maaf tidak ada jadwal test untuk anda"

    bagaimana dengn seperti itu ?

  182. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 240   Lebih baru› Terbaru»

Leave a Reply

Terima Kasih sudah memberikan masukan, semoga bisa membangun penulis untuk lebih giat lagi dalam menulis beberapa artikel yang bermanfaat,jangan lupa mengisi .: BUKU PENGUNJUNG :. ya

Diberdayakan oleh Blogger.